View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH DIGITAL MARKETING, INFLUENCER MARKETING, LABEL HALAL, BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW DI KOTA BONTANG

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_NUR HIKMAH_FEBI.pdf (225.1Kb)
Date
2024-02
Author
HIKMAH, NUR
Metadata
Show full item record
Abstract
Nur Hikmah, Skripsi 2024. “Pengaruh Digital Marketing, Influencer Marketing, Label Halal dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow di Kota Bontang”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan Arista Wibowo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi karena saat ini di Indonesia industri skincare semakin banyak dan berkembang pesat, sehingga semakin banyaknya industri skincare di Indonesia maka persaingan antara industri juga semakin ketat. Karena mereka ingin sama-sama menarik pasar yang sama yaitu konsumen yang ada di Indonesia. Dengan adanya kompetisi tersebut produk-produk skincare yang ada di pasar semakin banyak sehingga para konsumen kesulitan dalam memilih produk yang mereka inginkan dan butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui digital marketing, influencer marketing, label halal dan brand trust terhadap keputusan pembelian produk MS Glow. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kota Bontang yang pernah dan sedang menggunakan produk MS Glow. Sampel yang digunakan sebanyak 107 responden masyarakat Kota Bontang, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner dengan menggunakan Google Form dengan teknik pengukuran menggunakan skala Likert. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Terbukti dengan nilai thitung pada variabel digital marketing adalah sebesar 3,237 lebih besar dari ttabel sebesar 0,193. Sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,019 ≤ 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan influencer marketing memiliki nilai thitung 6,557 lebih besar dari ttabel sebesar 0,193. Sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Influencer Marketing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Untuk variabel label halal memiliki nilai thitung 2,920 lebih besar dari ttabel sebesar 0,193. Sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,004 ≤ 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa label halal (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan variabel brand trust memiliki nilai thitung 2,048 lebih besar dari ttabel sebesar 0,193. Sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,043 ≤ 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa brand trust (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan variabel Digital Marketing, Influencer Marketing, Label Halal, Brand Trust berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Terbukti dengan nilai Fhitung 33,398 lebih besar dari Ftable 2,46 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4981
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [376]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV