dc.description.abstract | Ayu Sasadila Yuliana, 2024. “Manajemen Kesiswaan dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Prof. Dr. Zamroni, M.Pd dan pembimbing II Dr. Kautsar Eka Wardhana, M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini ialah manajemen kesiswaan berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan karakter siswa. Kedua profil ini menekankan pada pengembangan karakter yang berkualitas, dengan fokus pada nilai-nilai Pancasila dan sikap rahmatan lil alamin yang mengedepankan keberagaman, toleransi, dan keadilan sosial. Implementasi manajemen kesiswaan yang efektif sangat diperlukan untuk mewujudkan kedua profil tersebut. Hal ini mencakup pengembangan kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan program bimbingan yang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga pada karakter dan nilai-nilai moral siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kesiswaan dalam implementasi profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di MAN 1 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang diklasifikasikan sebagai deskriptif karena tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi terkait dengan masalah yang ada melalui penggunaan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah, manajemen kesiswaan dalam implementasi profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di MAN 1 Samarinda, pertama, perencanaan yaitu menganalisis peserta didik dan merencanakan program yang akan dilaksanakan. Kedua, pengorganisasian. Pengorganisasian yang dilakukan di madrasah ini adalah dengan rapat membentuk panitia sendiri yang berada di bawah naungan kurikulum, dan mengkoordinasikan semua pihak wakil kepala madrasah. Ketiga, pelaksanaan. Pelaksanaan yang dilakukan di madrasah ini adalah dengan melaksanakan program kegiatan yang telah direncanakan seperti pelaksanaan Panen Karya yang dilaksanakan dengan sistem blok yang dimana kegiatan tersebut dilakukan selama satu minggu penuh, serta melaksanakan kegiatan sehari-hari seperti melaksanakan sholat dhuha berjamaah, membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dimulai, melaksanakan sholat zuhur dan ashar berjamaah, menyalimi guru saat bertemu. Keempat, evaluasi. Evaluasi yang dilakukan di madrasah ini adalah dengan melakukan rapat setelah melaksanakan kegiatan, apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. | en_US |