View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL–MUNA SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MITA MIRANDA_FTIK.pdf (314.6Kb)
Date
2024-08
Author
PUTRI, MITA MIRANDA
Metadata
Show full item record
Abstract
Mita Miranda Putri, 2024. Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Gianto, M.Pd.I., sebagai pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd., sebagai pembimbing II. Latar belakang yang ada pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik. Kemampuan peserta didik dalam merencanakan penyelesaian masalah masih kurang. Peserta didik kesulitan untuk menyusun perencanaan masalah dan menerapkannya dengan tepat. Hal ini dibuktikan dari hasil PTS yang masih di bawah KKM. Salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu kecemasan. Sebagian peserta didik memiliki kecemasan terhadap pelajaran matematika. Hal ini sejalan dengan indikator kecemasan matematika yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya meliputi aspek somatik, kognitif, sikap, dan pengetahuan/pemahaman. Terlihat dari peserta didik yang merasa tegang dan kurang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung, mudah menyerah menghadapi soal-soal yang menuntut untuk memecahkan masalah dengan rumus dan uraian yang cukup panjang. Dengan berlandaskan latar belakang yang telah dipaparkan, membuat peneliti terdorong untuk melakukan penelitian guna untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda, sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 peserta didik yaitu kelas IV A dengan 28 peserta didik dan kelas IV B dengan 28 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu angket, tes (soal uraian), dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda. Besar pengaruh kecemasan matematika diketahui berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,612 atau 61,2%. Hal ini menunjukkan bahwa kecemasan matematika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda sebesar 61,2% dan sisanya 38,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5005
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [265]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV