EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP SELF CONFIDENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD TANI AMAN SAMARINDA
Abstract
Aulia Nanda, 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Self Confident di Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Gianto, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd. selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang berpusat kepada guru tanpa melibatkan siswa untuk aktif di kelas. Model pembelajaran konvensional ini dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa. Hal ini kemudian dapat mengakibatkan rendahnya kepercayaan diri siswa dalam mengekspresikan diri. Rasa percaya diri siswa dapat muncul jika guru melibatkan siswa dalam proses belajar aktif, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang diterapkan di kelas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap self confident di Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MI Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Samarinda, dengan mengambil sampel pada 62 peserta didik, menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui, hasil nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 62,46 dan post-test 69,79. Sedangkan pre-test pada kelas eksperimen adalah 58,94 dan post-test 82,35. Berdasarkan analisis uji hipotesis dengan independent sample t test, menunjukkan bahwa hasil dari uji t dengan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 dengan nilai signifikansi, di mana 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada self confident siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran teams games tournament (TGT). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) ini efektif dalam meningkatkan self confident siswa di kelas.