STRATEGI PEMBELAJARAN GURU KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISTIQOMAH LOA JANAN
Abstract
Nurul Aini, (1711306003). “Strategi Pembelajaran Guru Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah Loajanan”. Skripsi, Program Keguruan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Di bawah bimbingan Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing I dan Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd selaku pembimbing II.
Strategi pembelajaran sangat penting diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Karena dengan adanya strategi dapat meningkatkan kualitas belajar siswa, meningkatkan kualitas guru, serta memudahkan siswa belajar. Selain itu, saat siswa kelas III melaksanakan proses belajar mengajar, guru memasuki kelas diawali dengan membaca doa dan mengabsen siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung terdapat 4 siswa yang tidak memperhatikan guru pada saat mengajar, seperti ada yang mengobrol dan mengganggu temannya pada saat belajar. Strategi pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah Loa Janan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pembelajaran guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah Loa Janan.
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas III dan Waka Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah Loa Janan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah Loa Janan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guru di kelas III menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas. Pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas III yaitu pendekatan ekspositori dengan cara siswa dapat menangkap dan mengingat pembelajaran yang diberikan guru, pendekatan interaksi sosial dengan adanya saling berinteraksi antara guru dengan siswa, pendekatan inquiry dengan adanya cara mengajar guru yang melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar dengan cara bertanya. Adapun faktor pendukung yaitu siswa mau mengikuti pembelajaran langsung dan mengikuti strategi pembelajaran guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah Loa Janan. Faktor penghambat guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Loa Janan yaitu dari faktor internal melihat cara belajar siswa yang harus bisa memahami yang diajarkan oleh guru. Faktor eksternal yaitu lingkungan orang tua yang terkadang membiarkan siswa tidak memperhatikan guru yang mengingatkan misalnya ada tugas sekolah dan orang tua hanya menunggu kabar dari guru saja.