PENGARUH KEGIATAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI MI AL – MUJAHIDIN SAMARINDA
Abstract
Syakira Yesenia Irwan, 2024. “Pengaruh Kegiatan Kepramukaan Terhadap Kepedulian Lingkungan pada Peserta Didik di MI Al-Mujahidin Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd dan Lely Salmitha, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan manusia memiliki kewajiban untuk melestarikan lingkungan agar tetap lestari dan memiliki kualitas lingkungan yang baik. Namun, tidak semua orang memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pendidikan lingkungan yang efektif dan kreatif. Salah satu alternatif untuk memberikan pendidikan lingkungan yang efektif dan kreatif adalah melalui kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan dapat membantu meningkatkan kualitas peserta didik. Peserta didik belajar untuk menghargai keindahan alam, memahami ekosistem, bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan mengembangkan keterampilan bertahan hidup yang berkelanjutan, sesuai dengan keunggulan yang dimiliki oleh sekolah, yaitu Adiwiyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidak adanya pengaruh dan besar kecilnya pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap kepedulian lingkungan di MI Al-Mujahidin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III–VI MI Al-Mujahidin Samarinda sebanyak 186 peserta didik, dengan mengambil sampel pada 50 peserta didik, menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, uji korelasi koefisien, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap kepedulian lingkungan pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Hal tersebut diperoleh dari hasil hipotesis didapatkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Hα diterima dan Hο ditolak. Kemudian melalui uji korelasi didapatkan hasil sebesar 0,597 yang berarti ada hubungan yang cukup di antara kegiatan kepramukaan terhadap kepedulian lingkungan dengan arah yang positif. Kemudian dilakukan uji linear sederhana, dimana didapatkan Fhitung 26.639 > Ftabel 4,04, berarti didapatkan kegiatan kepramukaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepedulian lingkungan. Kemudian didukung nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,357 yang berarti bahwa besarnya pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap kepedulian lingkungan peserta didik sebesar 35,7%.