IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MTs NEGERI SAMARINDA
Abstract
Reny Febriani, 2024. “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di MTs Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M.Pd.
Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia yakni masalah rendahnya mutu pendidikan di setiap jenjang pendidikannya. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil yang optimal, efektif, dan efisien dalam menangani berbagai masalah pendidikan, diperlukan penerapan manajemen mutu terpadu. Manajemen mutu terpadu sangatlah penting di dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Adanya manajemen mutu terpadu menjadikan madrasah lebih berkompeten dalam aspek pembelajaran guru terhadap siswa. Permasalahan dari penelitian dalam skripsi ini adalah melihat manajemen mutu terpadu yang dilakukan oleh MTs Negeri Samarinda dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Negeri Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil akhir manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Negeri Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang diambil yaitu di MTs Negeri Samarinda. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang didapatkan dari wawancara dengan Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Waka Kesiswaan MTs Negeri Samarinda. Adapun data sekunder didapatkan langsung dari civitas akademik MTs Negeri Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Negeri Samarinda dimulai dari perencanaan, yaitu membentuk struktur organisasi dan pembagian tugas masing-masing, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, dan melengkapi sarana dan prasarana madrasah. Pelaksanaan manajemen mutu terpadu di MTs Negeri Samarinda sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan, yaitu membentuk struktur organisasi dan pembagian tugas masing-masing, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, dan melengkapi sarana dan prasarana madrasah. Evaluasi di MTs Negeri Samarinda dilakukan pada saat program kerja berakhir dan pada saat program peningkatan prestasi siswa berlangsung. Hasil akhir manajemen mutu terpadu di MTs Negeri Samarinda telah mendapatkan kepuasan pelanggan.