Show simple item record

dc.contributor.authorNISA, CHOIRUN
dc.date.accessioned2025-07-15T02:07:50Z
dc.date.available2025-07-15T02:07:50Z
dc.date.issued2024-07
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5032
dc.description.abstractChoirun Nisa, 2024. “Pengaruh Harga dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Impulsive Buying Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Belanja Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam” (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Ahmad Syarif, S.E.I., M.Sc dan Bapak Nur Rahmatullah, S.E., M.S.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan internet yang membawa dampak signifikan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah perubahan pola konsumsi masyarakat yang kini banyak beralih ke online shop. Belanja online memberikan berbagai fasilitas dan penawaran yang memudahkan serta memanjakan pelanggan, mulai dari informasi yang mudah diakses, harga yang terjangkau dan berkualitas, hingga kemudahan bertransaksi tanpa harus bertemu langsung dengan penjual serta fleksibilitas waktu. Namun, perubahan ini juga menyebabkan peningkatan impulsive buying, di mana konsumen sering kali melakukan pembelian tanpa perencanaan matang, yang dapat berujung pada pembelian berlebihan. Dari perspektif ekonomi Islam, impulsive buying dapat dianggap sebagai perilaku negatif karena mencerminkan konsumsi berlebihan, di mana individu mengonsumsi barang tanpa alasan atau pertimbangan yang jelas. Hal ini bertentangan dengan prinsip pengelolaan harta yang baik dan bijaksana serta menghindari perilaku israf (berlebihan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Electronic Word Of Mouth terhadap Impulsive Buying, dengan Minat Beli sebagai variabel intervening pada konsumen belanja online dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data responden sebanyak 100 orang, didapat dari penyebaran kuesioner melalui Google Form yang disebarkan kepada mahasiswa yang sedang menempuh studi S1 di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik simple random sampling. Pengujian analisis data menggunakan SPSS Statistics 25, dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji t, uji F, uji koefisien determinasi, analisis jalur (path analysis), dan uji Sobel (Sobel test). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga dan Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli saat berbelanja online. Selain itu, Harga, Electronic Word of Mouth, dan Minat Beli juga berpengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying. Lebih lanjut, Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Impulsive Buying melalui Minat Beli dalam belanja online. Begitu pula dengan Electronic Word of Mouth yang juga berpengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying melalui Minat Beli dalam belanja online.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectImpulsive Buying, Harga, Electronic Word of Mouth dan Minat Belien_US
dc.titlePENGARUH HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN BELANJA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record