PENGARUH ALAT PERAGA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD TANI AMAN SAMARINDA
Abstract
Melyana, 2024. “Pengaruh Alat Peraga Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Siklus Air Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Samarinda”. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Khairul Saleh, M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd. selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di MI DDI Tani Aman, guru seringkali menggunakan ceramah atau tanya jawab sebagai metodenya. Adapun media yang digunakan berupa ilustrasi dari buku. Pembelajaran IPA sendiri membutuhkan praktik dan contoh yang konkret dalam materinya, terutama siklus air karena materi tersebut masih bersifat abstrak. Oleh sebab itu, penggunaan alat peraga tiga dimensi dapat dimanfaatkan untuk memperjelas dan mempermudah siswa untuk memahami materi siklus air dan mengoptimalkan hasil belajar siswa. Maka, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga tiga dimensi terhadap hasil belajar IPA pada materi siklus air kelas V di MI DDI Tani Aman Samarinda.
Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan metode eksperimen jenis quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control design. Penelitian berlokasi di MI DDI Tani Aman Samarinda. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V di MI DDI Tani Aman yang terdiri dari 85 peserta didik, dan teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terkait pengaruh alat peraga tiga dimensi terhadap hasil belajar IPA materi siklus air kelas V di MI DDI Tani Aman yaitu perolehan data nilai rata-rata pre-test post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol, yaitu pre-test kelas eksperimen sejumlah 66,03 dan post-test sebesar 81,55. Kelas kontrol pre-test 63,52 dan post-test 72,04. Dan hasil uji hipotesis yang didapatkan sig (2-tailed) 0,008 < 0,05 berarti Ho ditolak Ha diterima. Berlandaskan hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga tiga dimensi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA materi siklus air siswa kelas V MI DDI Tani Aman Samarinda.