View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

STRATEGI PEMASARAN SYARIAH MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO LAILA FASHION SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_NURAINI_FEBI.pdf (443.6Kb)
Date
2024-06
Author
NURAINI, NURAINI
Metadata
Show full item record
Abstract
Nuraini, 2024, “Strategi Pemasaran Syariah Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Di Toko Laila Fashion Samarinda.” Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati, SE., M.Si dan Yovanda Noni, S.E., M.E. Strategi merupakan langkah-langkah yang harus dijalankan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan. Dalam menentukan strategi pemasaran hendaknya mempertimbangkan unsur syariah dalam Islam. Strategi pemasaran syariah merupakan strategi bisnis yang mengarah terhadap proses penawaran, penciptaan, pemenuhan hidup konsumen yang berprinsip kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Dengan melakukan penerapan strategi dalam marketing yang akurat demi memanfaatkan peluang dan meningkatkan penjualan, sehingga kedudukan atau posisi perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan melalui Instagram di Toko Laila Fashion, dan bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang digunakan dapat meningkatkan penjualan di Toko Laila Fashion. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dari hasil wawancara dengan pemilik toko, 1 orang karyawan, dan 5 konsumen. Data sekunder adalah berbagai tulisan terkait studi ini. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan strategi pemasaran yang dilakukan di Toko Laila Fashion menggunakan strategi marketing mix atau bauran pemasaran 4P yang terdiri dari: Produk, Toko Laila Fashion selalu menjaga kualitas produk yang akan dijual dan dipromosikan di akun Instagram mereka dan menjelaskan dengan detail baik kualitas bahan, ukuran, dan warna yang tersedia. Harga produk, Laila Fashion menyediakan harga yang terjangkau mulai dari yang murah sampai dengan harga yang lumayan tinggi sesuai dengan kualitas bahan. Tempat, lokasi Toko Laila Fashion Samarinda sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama, mudah diakses, dan toko terlihat jelas. Promosi dari Toko Laila Fashion Samarinda melalui media sosial Instagram yang bernama @laila.fashion, promosi yang dilakukan ialah dengan selalu meng-update ketika ada produk terbaru, sering membuat konten-konten yang menarik, mengadakan giveaway, promo-promo di hari tertentu, dan juga melakukan endorse kepada selebgram. Ditinjau dari strategi yang digunakan Toko Laila Fashion Samarinda melalui Instagram, dapat meningkatkan penjualan di Toko Laila Fashion Samarinda. Jumlah pengunjung yang datang ke toko mengalami peningkatan, ditambah dengan jumlah pembeli yang berbelanja secara online melalui Instagram.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5056
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [381]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV