PENGELOLAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 22 SAMARINDA
Abstract
Dika Arshita Cahya. 2024. “Pengelolaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 22 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Dr. Bahrani, M.Pd dan pembimbing II Misbahul Fuad, M.Pd.I.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Sekolah menggunakan sistem blok, sistem blok adalah pengelompokan jam pelajaran efektif dalam satuan waktu yang dipadatkan agar siswa dapat mengikuti dan menerima materi pembelajaran secara optimal dan menyeluruh. Namun, kegiatan yang dilaksanakan kurang terkelola dengan baik karena terdapat kendala dalam pelaksanaan kegiatan P5, yaitu sumber dana yang tersedia untuk melaksanakan kegiatan tersebut kurang mencukupi. Meskipun begitu, semangat dan komitmen untuk terus melaksanakan proyek ini tetap tinggi. Berbagai upaya seperti mencari sumber dana alternatif, memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dilakukan untuk memastikan proyek ini tetap berjalan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 22 Samarinda dan juga faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 22 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 22 Samarinda, dengan narasumber kepala sekolah, waka kurikulum, dan koordinator P5. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data meliputi triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 22 Samarinda melalui beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan, sekolah mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan, merancang tema, dimensi, alokasi waktu, dan menyusun modul ajar. Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk tim fasilitator, pembagian tugas dan tanggung jawab kepada setiap tim. Pelaksanaan dilakukan dengan pengenalan kegiatan hingga penilaian setiap proses kegiatan. Evaluasi diawali dengan perancangan rapor proyek, proses evaluasi, dan tindak lanjut. Faktor pendukung meliputi antusias peserta didik dan sarana prasarana, sedangkan faktor penghambat meliputi dana.