EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI MI DDI TANI AMAN LOA JANAN ILIR
Abstract
Maisa Salsabila, 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Lely Salmitha, M.Pd. sebagai pembimbing II.
Latar belakang yang ada pada penelitian ini ialah kurangnya keaktifan dan konsentrasi siswa pada saat proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, karena media pembelajaran yang digunakan guru belum membuat siswa lebih tertarik dan konsentrasi dalam pembelajaran, padahal guru telah menggunakan beberapa media dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada nilai yang diperoleh ketika ulangan harian pada kelas V B, yakni masih banyak dari siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 75, yang di mana dengan jumlah 20 siswa di kelas V B nilai ulangan harian yang sesuai dengan KKM hanya 25%, sementara 75% memperoleh nilai di bawah KKM. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyimpulkan masih perlu diberikan media yang lebih konkret dan lebih menarik di dalam proses pembelajaran agar bisa mengurangi permasalahan yang ada dalam kelas, sehingga siswa bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran agar bisa mencapai hasil belajar yang maksimal.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran diorama berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 40 siswa yang terdapat pada kelas V A sebagai kelas kontrol dan pada kelas V B sebagai kelas eksperimen di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir. Peneliti melakukan uji validitas menggunakan kelas V A dan V B di MI At-Taqwa Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji dengan menggunakan uji keabsahan data dalam uji validitas dan uji reliabilitas, serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-gain.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil pada uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test, sehingga diperoleh suatu nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran diorama berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir. Kemudian dilanjutkan dengan uji N-gain dengan hasil menunjukkan bahwa data yang diperoleh kelompok kelas eksperimen sebesar 76% yang termasuk pada kategori efektif.
Sehingga penggunaan media pembelajaran diorama berbasis kearifan lokal efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir.