PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 SAMARINDA
Abstract
Kiki Amelia, 2024. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Drs. H. Imam Mohtar, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan suatu hal yang berkaitan dengan kinerja guru. Penerapan gaya kepemimpinan yang baik akan memberikan semangat para guru dalam bekerja dan meningkatkan prestasinya. Agar tercapai hasil pendidikan yang optimal, perlu peranan yang baik dari kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 yang menjadi objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data kemudian dianalisis dengan uji linear sederhana, uji korelasi, uji T, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Samarinda menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, yang setiap pengambilan keputusan kepala sekolah tentu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengemukakan saran dan pendapatnya. Kinerja guru memiliki motivasi kerja dan prestasi yang cukup baik. Tentu hal ini demikian tidak lepas dari pada dorongan kepala sekolah. Pemberian arahan dan motivasi yang bermutu tentu dapat meningkatkan kinerja dan motivasi guru. Sedangkan hasil dari regresi linear sederhana menunjukkan arah pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru adalah positif, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi X sebesar 0,644. Selanjutnya, nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,139 menunjukkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sangat rendah. Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 13,9% dan sisanya sebesar 86,1% (1 - 0,139) dijelaskan oleh variabel lain selain variabel independen dalam penelitian.