PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU
Abstract
Erlin Ermawati, 2024. Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) dan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Mujahidah, S.Ag., S.Psi., M.Psi. selaku Pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd. selaku Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya perilaku yang ditunjukkan oleh siswa seperti menghindar, cemas, serta terlihat tidak nyaman pada saat pembelajaran matematika, perilaku-perilaku yang seringkali ditunjukkan oleh para siswa tersebut mengarah kepada gejala kecemasan matematika (math anxiety). Kecemasan matematika adalah faktor psikologis yang sering menghambat siswa mencapai hasil belajar optimal, menurunkan motivasi dan prestasi belajar. Sebaliknya, resiliensi matematis, yaitu kemampuan bertahan dan mengatasi tantangan dalam matematika, dianggap penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika, pengaruh resiliensi matematis terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh kecemasan matematika dan resiliensi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika.
Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh siswa kelas IV yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu yang terdiri dari 81 orang yang dibagi menjadi tiga kelas IV A, IV B, dan IV C. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Penentuan keabsahan data dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, uji koefisien determinasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu, dibuktikan dengan perolehan nilai sig < 0,05 yaitu 0,041 < 0,05 pada kecemasan matematika (math anxiety) dan memiliki pengaruh sebesar 6,1% dengan kategori sangat lemah; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu, dibuktikan dengan perolehan nilai sig > 0,05 yaitu 0,152 > 0,05 pada resiliensi matematis; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan matematika (math anxiety) dan resiliensi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 3,656 > 3,114 Ftabel dengan taraf signifikansi sebesar 0,030 < 0,05. Sumbangsih pada kecemasan matematika (math anxiety) dan resiliensi matematis sebesar 8,6% dengan kategori sangat lemah.