Show simple item record

dc.contributor.authorASTUTI, IKA
dc.date.accessioned2025-07-23T02:49:30Z
dc.date.available2025-07-23T02:49:30Z
dc.date.issued2024-06
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5077
dc.description.abstractIka Astuti, 2024. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi Manajerial Kepala Taman Kanak-Kanak Terhadap Motivasi Kerja Guru Taman Kanak-Kanak di Kota Bontang. Tesis, Program Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Bahrani, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Julaiha, S.Ag., M.Pd. sebagai pembimbing II. Gaya kepemimpinan yang efektif dan kompetensi manajerial saling berinteraksi dan membentuk landasan yang kuat bagi seorang pemimpin dalam mengelola organisasi, termasuk di lembaga pendidikan. Gaya kepemimpinan yang dipilih oleh seorang pemimpin akan mempengaruhi cara dia menggunakan kompetensi manajerialnya dalam mengelola sumber daya dan proses organisasi. Taman Kanak-kanak di Kota Bontang dipilih sebagai tempat penelitian ini karena peran pentingnya dalam membentuk dasar pendidikan pada anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh gaya kepemimpinan dan kompetensi manajerial kepala Taman Kanak-kanak terhadap motivasi kerja guru Taman Kanak-kanak Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 responden dari 22 lembaga Taman Kanak-kanak di Kota Bontang. Berdasarkan dari jumlah populasi yang ada, maka peneliti menggunakan total sampling. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan berbagai uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 24 untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Pengujian ini mencakup uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas yang bertujuan memastikan validitas dan reliabilitas model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala Taman Kanak-kanak tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru di Kota Bontang. Hal ini terlihat dari hasil uji t parsial yang menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk gaya kepemimpinan sebesar 1,591 tidak melebihi nilai t tabel yaitu 1,960, serta nilai signifikansi sebesar 0,114 lebih tinggi dari tingkat signifikansi yang umumnya digunakan yaitu 0,05. Adapun kompetensi manajerial kepala Taman Kanak-kanak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja guru. Hal ini diperkuat oleh hasil uji t parsial yang menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 5,221 untuk kompetensi manajerial jauh lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,960, dengan nilai signifikansi 0,000 yang jauh lebih rendah dari tingkat signifikansi yang umumnya digunakan yaitu 0,05. Adapun hasil uji F simultan juga mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh bersama-sama yang signifikan dari gaya kepemimpinan dan kompetensi manajerial kepala Taman Kanak-kanak terhadap motivasi kerja guru. Nilai F hitung 159,321 yang jauh lebih besar dari nilai F tabel 3,00, serta koefisien determinasi (R Square) yang menunjukkan sekitar 74,00% variabilitas dalam motivasi kerja guru dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen tersebut.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectGaya Kepemimpinan, Kompetensi Manajerial, Motivasi Kerja, Taman Kanak-Kanak, Kota Bontang.en_US
dc.titlePENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA BONTANGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record