dc.description.abstract | Rahma Dani Wahyudi, 2024. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Suratman, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Dr. Yusnia Binti Kholifah, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Kinerja guru merupakan elemen penting dalam pendidikan, selain itu juga merupakan penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Kinerja guru dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugas seorang pendidik. Kualitas kinerja sangat menentukan pada hasil pendidikan dikarenakan guru adalah elemen terpenting dalam pendidikan. Guru merupakan sosok yang sering berinteraksi secara tidak langsung dengan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk melakukan semua, guru sebagai pengajar dan siswa sebagai subjek belajar, dituntut adanya profil kualifikasi tertentu dalam pengetahuan, kemampuan, sikap, dan tata nilai serta sifat-sifat pribadi agar proses itu dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Namun dalam pelaksanaannya, pembelajaran masih dianggap rumit oleh guru, karena guru harus memahaminya dengan baik agar dalam pembelajaran terjadi interaksi belajar dengan baik. Oleh karena itu, guru memerlukan mentor atau pemimpin yang dapat membantu memahami konsep pembelajaran dengan baik. Maka pentingnya gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Plus Melati Samarinda yang berjumlah 20 guru, sedangkan sampel dari penelitian yang dihitung dari rumus Yamane, Isac, dan Michael mendapatkan hasil sampel berjumlah 19 guru. Adapun bentuk pilihan skor yang digunakan dalam kuesioner yakni 4 alternatif jawaban. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data penelitian menggunakan uji prasyarat yang di dalamnya terdapat uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMA Plus Melati Samarinda. Jika dilihat dari perhitungan linear sederhana, menunjukkan bahwa angka koefisien regresi sebesar 0,413. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka penelitian ini memiliki pengaruh yang positif. Dan jika dilihat dari hasil nilai t hitung (12,587) > t tabel (2,109) dengan signifikansi 0,000 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Plus Melati Samarinda. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka 41,3% dan sisanya 58,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Dengan demikian, maka terdapat pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Plus Melati Samarinda. Gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah juga memberikan pengaruh dalam menghadirkan atau membentuk kinerja guru yang baik di SMA Plus Melati Samarinda. | en_US |