View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH VIRAL MARKETING, LIVE SHOPPING DAN HALAL AWARENESS TERHADAP MINAT BELI DESSERT BOX BITTERSWEET BY NAJLA DI APLIKASI TikTok SHOP PADA KONSUMEN MUSLIM SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_SAHRUL FARIZAL KAHFI_FEBI.pdf (8.836Kb)
Date
2024-10
Author
KAHFI, SAHRUL FARIZAL
Metadata
Show full item record
Abstract
Sahrul Farizal Kahfi, 2024. “Pengaruh Viral Marketing, Live Shopping dan Halal Awareness terhadap Minat Beli Dessert Box Bittersweet by Najla di Aplikasi TikTok Shop pada Konsumen Muslim Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Norvadewi, M.Ag. dan Ibu Yovanda Noni, S.E., M.E. Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat berdampak pada lahirnya berbagai jenis aplikasi media sosial, seperti TikTok Shop. Strategi viral marketing dan fitur pemasaran live shopping yang ada di dalam aplikasi tersebut memberikan manfaat yang besar bagi para penggunanya dalam memasarkan produk. Bittersweet by Najla merupakan salah satu brand makanan di bidang pengolahan kue/dessert yang paling populer saat ini. Namun, fakta menarik di balik kepopulerannya adalah brand tersebut belum memiliki sertifikasi halal. Sebagai konsumen muslim, memilih makanan halal merupakan kewajiban agama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel viral marketing, live shopping dan halal awareness baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli dessert box Bittersweet by Najla di aplikasi TikTok Shop pada Konsumen Muslim Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muslim di Kota Samarinda yang mengetahui, berminat untuk membeli, atau bahkan sudah pernah membeli produk dessert box Bittersweet by Najla di aplikasi TikTok Shop, yang berjumlah 25.801 jiwa pada periode 15 Juli – 2 Agustus 2024. Sampel yang digunakan sebanyak 109 responden yang diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis serta uji koefisien determinasi dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu variabel viral marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 (0,011 < 0,05) atau nilai t hitung sebesar 2,588 > t tabel 1,982. Variabel live shopping secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 (0,032 < 0,05) atau nilai t hitung sebesar 2,173 > t tabel 1,982, sedangkan variabel halal awareness secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dessert box Bittersweet by Najla di aplikasi TikTok Shop dengan nilai Sig. lebih besar dari 0,05 (0,240 > 0,05) atau nilai t hitung sebesar 1,183 < t tabel 1,982. Adapun variabel viral marketing, live shopping dan halal awareness secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dessert box Bittersweet by Najla di aplikasi TikTok Shop pada Konsumen Muslim Samarinda dengan nilai koefisien determinasi sebesar 24,9%, sedangkan sisanya 75,1% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam model penelitian ini.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5089
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [385]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV