STRATEGI MENINGKATKAN LAYANAN PENDIDIKAN DI MTs AL MUJAHIDIN 2 SAMARINDA
Abstract
Moh Ismail, 2024. “Strategi Meningkatkan Layanan Pendidikan di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Akhmad Muadin, M.Pd., sebagai pembimbing I dan Dr. Habib Anwar Al-Anshori, M.Pd., sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa sebagai penyedia jasa pendidikan, MTs Al Mujahidin 2 Samarinda memberikan sebuah yang ditawarkan kepada pelanggan pendidikan yang meliputi barang fisik, jasa, pengetahuan, dan ide berupa layanan pendidikan. Layanan pendidikan di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda meliputi layanan pembelajaran, layanan administrasi, layanan perpustakaan, layanan bimbingan konseling dan layanan ekstrakurikuler. Dalam berjalannya layanan pendidikan ini, peneliti melihat bahwasannya pengelola layanan pendidikan bekerja dengan maksimal serta adanya kebijakan dari kepala madrasah mengenai pengelola layanan diberikan tugas tambahan untuk mengefisiensi sumber daya madrasah, sehingga madrasah mengupayakan dalam memberikan layanan pendidikan berkualitas dan ideal di setiap layanan pendidikan yang ada di madrasah. Begitu pentingnya layanan pendidikan guna menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mendukung perkembangan akademik dan personal siswa, serta memastikan pendidikan yang berkualitas dan merata untuk semua. Maka hal ini, madrasah bukan hanya melaksanakan layanan pendidikan saja, akan tetapi perlu adanya strategi yang baik. Dengan adanya strategi yang baik, maka layanan pendidikan dapat menjadi lebih terarah dan efektif, sehingga dapat meningkatkan layanan pendidikan secara keseluruhan dan memastikan bahwa tujuan pendidikan tercapai dengan baik.
Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dan pendekatan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Lokasi penelitian di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda.
Hasil penelitian secara umum terdapat 5 layanan pendidikan di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda. Untuk meningkatkan layanan pendidikan yang mencakup 5 layanan, madrasah melakukan beberapa strategi yaitu:
Layanan pembelajaran strateginya dengan cara mengikutsertakan pelatihan kurikulum dan sharing.
Layanan administrasi strateginya melalui analisis pekerjaan dan jabatan, serta pengembangan dan pembinaan.
Layanan perpustakaan strateginya dengan mengimplementasi tugas pokok, pelaporan rutin kepada kepala madrasah, dan manajemen waktu yang baik.
Layanan ekstrakurikuler strateginya dengan cara mensinkronkan dengan yang lain dan dukungan penuh madrasah.
Layanan bimbingan konseling strateginya dengan cara memahami kebutuhan siswa, membangun koneksi, berempati, dan kolaborasi.