Show simple item record

dc.contributor.authorHakim, Rafi Nurvina
dc.date.accessioned2020-06-11T03:22:47Z
dc.date.available2020-06-11T03:22:47Z
dc.date.issued2017-09-13
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/509
dc.description.abstractABSTRAK Rafi Nurvina Hakim, 2017. Efektivitas Strategi Jurus Jari Sakti Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas III MI Ma’arif NU 01 Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Jurusan Madrasah Institut Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Lina Revilla Malik, M.Si Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika di kelas III yang masih berjalan monoton di MI Ma’arif NU 01, rendahnya kualitas pembelajaran matematika dan belum pernah diperkenalkan strategi jurus jari sakti pada mata pelajaran matematika di madrasah ibtidaiyah Ma’arif NU 01.Sehingga diperlukan penelitian untuk mengetahui efektivitas melalui perhitungan nilai beda hasil pretest dan posttest sebab hasil belajar merupakan indikator efektivitas belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui besarnya nilai perbedaan hasil pretest dan posttest jurus jari sakti satu, dua dan tiga sehingga diketahui pula ada tidaknya efektivitas strategi jurus jari sakti berdasar perhitungan nilai perbedaan hasil pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif statistik dengan desain studi eksperimen jenis Pre- Exprimental dengan paradigma penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan dengan sampel (Probability Sampling tipe Proportionate Stratified Random Sampling) dengan jumlah 31 siswa di kelas III B MI Ma’ari NU 01. Perhitungan uji beda untuk uji hipotesis menggunakan rumus t-Test satu sampel. Hasil yang dapat diperolah penelitian ini memperoleh nilai acuan t tabel (tt) 31 sampel signifikansi 5% sebesar 1,697. Hasil penelitian dalam menjawab masalah yang ada berjumlah empat dan dipaparkan berikut ini. Pertama, diperoleh nilai perbedaan jurus jari sakti satu yaitu t observasi (to) sebesar 16,04. Karena t observasi (to) > t tabel (tt) maka terdapat nilai beda yang signifikan dalam penerapan jurus jari sakti satu. Kedua, diperoleh nilai perbedaan jurus jari sakti dua yaitu t observasi (to) sebesar 16,89. Karena t observasi (to) > t tabel (tt) maka terdapat nilai beda yang signifikan dalam penerapan jurus jari sakti dua. Ketiga, diperoleh nilai perbedaan jurus jari sakti dua yaitu t observasi (to) sebesar 19,77. Karena t observasi (to) > t tabel (tt) maka terdapat nilai beda yang signifikan dalam penerapan jurus jari sakti tiga. Keempat, dari ketiga hasil nilai perbedaan diperoleh kesimpulan terdapat nilai beda yang signifikan pada ketiga jurus jari sakti. ada efektivitas strategi jurus jari sakti berdasar perhitungan nilai perbedaan hasil pretest dan posttest.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectJurus Jari Sakti, Strategi, Hasil Belajaren_US
dc.titleEfektivitas Strategi Jurus Jari Sakti Terhadap Hasil Belajar Matematikaen_US
dc.title.alternative(Studi Eksperimen pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas III MI Ma’arif NU 01 Tahun Pelajaran 2016/2017)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record