PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 MI AR RAUDHAH SAMARINDA
Abstract
Liza Kartika, 2024, “Pengaruh Media Pembelajaran Scramble Terhadap Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 MI Ar-Raudhah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Husni Idris, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Maulana Syafi’i, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan yaitu membaca merupakan kegiatan yang membosankan, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang aktif. Salah satu penyebab ialah kurangnya media pembelajaran yang menarik digunakan selama pembelajaran membaca. Oleh sebab itu perlu adanya media pembelajaran yang inovatif, salah satunya media pembelajaran scramble yang dirasa perlu diterapkan dalam proses pembelajaran agar dapat memperbaiki proses pembelajaran dan membuat siswa aktif. Media pembelajaran scramble ini berguna untuk mendorong siswa untuk menjawab soal dengan dibantu teman-temannya dan dapat membuat siswa memiliki rasa semangat serta meningkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran scramble terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI Ar-Raudhah Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas kontrol dan 30 siswa kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan pretest-posttest pada esai dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji paired sample test menggunakan bantuan program SPSS.
Perhitungan uji paired sample test mendapatkan bahwa pada nilai sig (2-tailed): 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak yang berarti Hₐ diterima. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat media pembelajaran scramble berpengaruh terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI Ar-Raudhah Samarinda.