dc.description.abstract | GANIS RIZDHA WANDIRA, 2024. “Strategi Guru Kelas dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di MI Ma’arif NU 003 Samarinda”. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Juhairiah, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Lely Salmitha, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran guru kelas V selama kegiatan belajar mengajar cukup berhasil dilihat pada proses pembelajaran tematik antar guru dengan siswa yang komunikatif. Pembelajaran tematik sama seperti pembelajaran tematik pada umumnya, hanya saja di MI Ma’arif NU 003 Samarinda mulai dari kelas V menggunakan buku pendamping tematik di mana pembelajaran tematik masih terhubung dalam satu tema namun tidak dalam satu buku melainkan terpisah per-mata pelajaran. Sebelum memasuki proses belajar mengajar guru memilih strategi, menyiapkan bahan ajar maupun alat peraga. Walaupun terdapat perkara yang menjadi tantangan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam menerapkan pembelajaran tematik kelas V dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkan pembelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif NU 003 Samarinda.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru kelas V, siswa kelas V, serta kepala madrasah MI Ma’arif NU 003 Samarinda. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, yang berupa triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru kelas dalam menerapkan pembelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif NU 003 Samarinda menggunakan beberapa strategi, yaitu strategi pembelajaran langsung meliputi metode ceramah, tanya jawab serta latihan. Strategi pembelajaran mandiri meliputi metode proyek. Strategi pembelajaran interaktif meliputi metode diskusi kelompok, role playing, make a match, serta picture and picture. Strategi pembelajaran melalui pengalaman meliputi metode praktek dan pengamatan lingkungan sekitar. Adapun faktor pendukung dalam menerapkan strategi pada pembelajaran tematik di kelas V yakni terdapat kelengkapan sarana dan prasarana berupa ruang kelas, perpustakaan, komputer, laptop, proyektor, alat peraga, dan lain sebagainya, kemampuan siswa dalam memahami materi serta kreativitas guru. Faktor penghambat dalam menerapkan strategi pada pembelajaran tematik di kelas V yakni jumlah sarana yang terbatas; dari sarana yang telah tersedia tidak mencukupi untuk semua kelas, kurangnya pemahaman siswa, alokasi waktu pelajaran yang terbatas serta kondisi kelas yang kurang kondusif. | en_US |