Show simple item record

dc.contributor.authorMEILANI, MEILANI
dc.date.accessioned2025-07-31T06:40:15Z
dc.date.available2025-07-31T06:40:15Z
dc.date.issued2024-12
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5123
dc.description.abstractMeilani, 2023. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Penguatan Literasi Numerasi di SD Islamic Center Samarinda”. Skripsi dalam Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd., dan Muhammad Khairul Rizal, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi kepala sekolah dalam memperkuat literasi numerasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dalam penguatan literasi numerasi dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan literasi numerasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang sesuai dengan kejadian lapangan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data dengan melakukan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Dan juga menggunakan teknik analisis data menurut Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam penguatan literasi meliputi beberapa aspek, yaitu menjadwalkan waktu khusus untuk mata pelajaran dan mengadakan pelatihan dan workshop bagi para guru. Tujuan dari langkah-langkah tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar dalam numerasi dengan memanfaatkan teknologi. Selain itu, kepala sekolah juga menerapkan standar disiplin terkait tugas literasi dan numerasi. Faktor lain yang mendukung pelaksanaan literasi numerasi di sekolah meliputi sarana dan prasarana, dukungan dari para guru sebagai pendamping dan motivator, peran aktif orang tua dalam memantau dan mendukung kegiatan literasi di rumah. Selain itu, adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi yaitu terdapat dalam pelaksanaannya, masih banyak murid yang kurang berminat untuk membaca ataupun mengikuti kegiatan literasi di dalam kelasnya masing-masing, serta kurang dan juga terbatasnya pelatihan terhadap guru dalam program ini merupakan salah satu faktor penghambat kegiatan ini.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Kepala Sekolah, Literasi Numerasi, Manajemen Pendidikan, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat.en_US
dc.titleSTRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN LITERASI NUMERASI DI SD ISLAMIC CENTER SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record