Show simple item record

dc.contributor.authorAULIA, ASSIFATUNNISA
dc.date.accessioned2025-07-31T06:54:16Z
dc.date.available2025-07-31T06:54:16Z
dc.date.issued2023-11
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5126
dc.description.abstractAssifatunnisa Aulia, 2023. “Pengaruh Environmental Management Accounting terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Islamic Social Reporting Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industrial Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2019–2021)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Akhmad Nur Zaroni, M.Ag. dan Bapak Dedy Mainata, SE., M.Ag. Keyakinan atau kepercayaan masyarakat akan tumbuh apabila sebuah perusahaan mempunyai brand image (citra yang baik) di mata masyarakat. Maka dari itu, nilai perusahaan yang tinggi dapat mempengaruhi nama baik perusahaan di mata publik. Untuk menumbuhkan nilai perusahaan dan kepercayaan dari masyarakat, perusahaan dapat mengurangi konsumsi energi namun pendapatan tetap meningkat dan menjalankan operasional perusahaan sesuai aturan syariat dengan mengikuti standar pelaporan yang sesuai dengan ketentuan syar’i. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh environmental management accounting terhadap Islamic social reporting dan nilai perusahaan secara parsial, pengaruh Islamic social reporting terhadap nilai perusahaan, dan pengungkapan Islamic social reporting dapat memediasi pengaruh environmental management accounting terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 13 perusahaan sektor industrial yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2019–2021. Data sekunder yang didapatkan dari laporan tahunan dan laporan berkelanjutan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa dokumentasi dan penelitian pustaka. Analisis data menggunakan alat bantu aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa environmental management accounting berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Environmental management accounting berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Islamic social reporting berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan Islamic social reporting tidak terbukti memediasi pengaruh environmental management accounting terhadap nilai perusahaan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectEnvironmental Management Accounting, Islamic Social Reporting, Nilai perusahaan.en_US
dc.titlePENGARUH ENVIRONMENTAL MANAGEMENT ACCOUNTING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Perusahaan Sektor Industrial Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2019-2021)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record