Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Putri Niken Ayu
dc.date.accessioned2025-08-07T00:37:39Z
dc.date.available2025-08-07T00:37:39Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5151
dc.description.abstractPutri Niken Ayu Lestari, 2024. “Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di MI Sullamul Hidayah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Siti Nasiah, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian membahas tentang pentingnya keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika. Meskipun Matematika tergolong sulit, Matematika juga dapat dipahami dengan mudah apabila guru memiliki keterampilan dalam pengelolaan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di MI Sullamul Hidayah Samarinda, dari 28 peserta didik kelas IV Zaid Bin Tsabit, guru Matematika cukup terampil dalam menerapkan pengelolaan kelas yang dibuktikan dengan suasana kelas yang nyaman dan peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan kondusif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas, apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV Zaid Bin Tsabit di MI Sullamul Hidayah Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas IV Zaid Bin Tsabit. Dengan keabsahan data menggunakan uji triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, guru Matematika kelas IV Zaid Bin Tsabit MI Sullamul Hidayah Samarinda terampil dalam mengelola kelas dengan menciptakan iklim yang baik, mengatur ruang belajar, penempatan media atau alat peraga, dan memperhatikan interaksi yang interaktif terhadap kegiatan pembelajaran Matematika. Faktor pendukung dalam mengelola kelas adalah profesionalitas guru, antusias peserta didik, dan dinamika kelas, sedangkan faktor penghambat ialah kurangnya sarana dan prasarana, keterbatasan pelatihan guru, ukuran kelas yang terlalu kecil, dan perbedaan kemampuan peserta didik.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKeterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Matematika, MI Sullamul Hidayah.en_US
dc.titleANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI SULLAMUL HIDAYAH SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record