View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

SINERGITAS KELUARGA DAN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN SEKS SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN PERSONAL SAFETY SKILLS ANAK USIA DINI DI SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
TESIS_FARAH AZIZAH_PASCASARJANA PIAUD.pdf (179.1Kb)
Date
2024-06
Author
AZIZAH, FARAH
Metadata
Show full item record
Abstract
Farah Azizah, 2024. “Sinergitas Keluarga dan Sekolah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Seks sebagai Upaya Pembentukan Personal Safety Skills Anak Usia Dini di Samarinda”. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nur Kholik Afandi, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah keluarga dan sekolah memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk dan melindungi anak-anak. Sinergi antara keduanya diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak untuk belajar mengenai personal safety skills. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sinergitas keluarga dan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan seks sebagai upaya pembentukan personal safety skills anak usia dini di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sekolah telah mengimplementasikan pendidikan seks melalui program-program yang telah disusun dan dikembangkan oleh pendidik dan tenaga pendidik. Begitu juga dalam pembentukan personal safety skills, guru telah efektif dalam mengajarkan tiga keterampilan (Recognize, Resist, dan Report). Sedangkan, keluarga belum konsisten dalam mengajarkan mengenai sentuhan boleh dan tidak boleh, pengawasan anak dari konten-konten media sosial dan gim, pengenalan identitas gender, dan menutup aurat. Pada pembentukan personal safety skills, keterampilan yang diajarkan orang tua masih seputar mengenali diri sendiri (Recognize) dan mengenal tanda bahaya (Resist). Sinergi yang dibangun antara keluarga dan sekolah meliputi: penjemputan anak, kegiatan parenting, pelaporan aktivitas anak melalui grup WhatsApp, dan layanan konsultasi kepada psikolog. Faktor pendukung dalam sinergisitas antara keluarga dan sekolah: kesamaan visi dan misi serta persepsi orang tua dan pendidik mengenai konsep pendidikan seks, peran guru dalam memberikan metode pengajaran yang bervariatif, kreatif dan gaya mengajar yang menyenangkan, komunikasi yang terbangun antara orang tua dan guru, serta dukungan mitra sekolah. Faktor penghambat pada penelitian ini antara lain: tingkat pengetahuan orang tua mengenai pendidikan seks yang masih kurang, anggapan bahwa pendidikan seks belum saatnya diperkenalkan kepada anak usia dini, orang tua menyerahkan pendidikan seks ke pihak sekolah, serta ketidakterbukaan orang tua mengenai hambatan-hambatan penerapan pendidikan seks di lingkungan rumah.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5153
Collections
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [37]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV