Show simple item record

dc.contributor.authorMARSYA, LUTFIA HIDAYAH
dc.date.accessioned2025-08-20T01:02:51Z
dc.date.available2025-08-20T01:02:51Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5198
dc.description.abstractLutfia Hidayah Marsya, 2024. “Pengaruh Label Halal, Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Muslim Dalam Pembelian Produk Mambo Abon Di Balikpapan Timur”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Sugiyono, M.Kom dan Dharma Yanti, SE., M.Si. Abon merupakan makanan olahan daging hewani. Abon memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Persaingan pasar semakin meningkat maka konsumen juga lebih pintar dalam memilih produk yang diinginkan, selain itu konsumen mayoritas muslim tentu harus memperhatikan kehalalan produk. Setelah mempertimbangkan kehalalannya, pentingnya memperhatikan kemasannya, dan kualitas produk yang menjadi keputusan konsumen muslim pada produk Mambo Abon di Balikpapan Timur. Mambo Abon merupakan salah satu produk lokal makanan olahan abon di Balikpapan Timur. Pertama kali bisnis rumahan ini dibangun, pembuatannya hanya untuk keluarga saja tidak diperjualbelikan. Seiring berjalannya waktu, pesanan Mambo Abon ini sedikit demi sedikit mulai bertambah, awalnya hanya untuk keluarga hingga pada tahun 2023 Mambo Abon ini mulai membuat produk yang dikemas dan diperjualbelikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel label halal, kemasan, dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen muslim dalam pembelian produk Mambo Abon di Balikpapan Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang melakukan pembelian di Mambo Abon di Balikpapan Timur. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari kuesioner yang disebar dan diisi oleh konsumen Mambo Abon. Penelitian ini memiliki 96 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis yaitu uji-T dan uji-F, serta koefisien determinasi (R²) dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa label halal secara parsial mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai thitung 4,251 > 1,66159. Kemasan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 5,405 > 1,66159, dan kualitas produk secara parsial juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 4,001 > 1,66159. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal, kemasan, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung 69,693 > 2,47.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectLabel halal, kemasan, kualitas produk, keputusan pembelian, konsumen muslim.en_US
dc.titlePENGARUH LABEL HALAL, KEMASAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MUSLIM DALAM PEMBELIAN PRODUK MAMBO ABON DI BALIKPAPAN TIMURen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record