Show simple item record

dc.contributor.authorMunariza, Ulfah
dc.date.accessioned2020-06-12T03:48:38Z
dc.date.available2020-06-12T03:48:38Z
dc.date.issued2017-03-22
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/519
dc.description.abstractABSTRAK Ulfah Munariza.“Pengaruh Kinerja Tata Usaha Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 2 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Yahya, M.Pd selaku pembimbing I dan Juhairiah, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini ialah bahwa sekolah yang bermutu bercirikan salah satunya sekolah memiliki strategi untuk mencapai kualitas, baik di tingkat pimpinan, tenaga akademik, maupun tenaga administrasi.SMAN 2 Samarinda memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang memadai, yang ahli dan berkualitas. Selain memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas SMAN 2 juga menunjukkan bahwa kinerja pegawai tata usaha masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki di samping kelebihan yang ada. Kekurangan tersebut antara lain pengelolaan yang masih belum sempurna serta kedisiplinan kerja yang belum maksimal. Adapun kelebihannya antara lain seperti tata ruang sudah cukup baik, fasilitas sudah cukup memadai, penggunaan teknologi yang cukup baik, dan keteraturan penyimpanan arsip. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kinerja tata usaha terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Samarinda. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan meneliti populasi yang berjumlah 42 orang yaitu seluruh tenaga pendidik di SMA Negeri 2 Samarinda. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan rumus product moment dan untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa r hitung sebesar 0,2136 yang kemudian dinterprestasikan dengan tabel r, pada dk = 42-2 = 40 dan taraf kepercayaan 95% atau pada tingkat taraf kesalahan 5% dan menghasilkan rhitung (0,2136) terletak antara 0,20 – 0,40 (rendah). Sedangkan untuk hipotesis diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa thitung= 1,383. Pada taraf 5% dengan dk = (n-2) 42 - 2 = 40 ttabel terletak pada 2,021 yang berarti t hitung lebih kecil dari t tabel (1,383 < 2,021) (rendah). Dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan dapat diterima kebenarannya yaitu kinerja tata usaha berpengaruh terhadap peningkatan mutupendidikan bidang pengelolaan pendidikandi SMA Negeri 2 Samarinda.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectTata Usaha, Mutu Pendidikanen_US
dc.titlePengaruh Kinerja Tata Usaha Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record