ANALISIS SWOT MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI MTs AL-MUJAHIDIN SAMARINDA
Abstract
Siti Devi Rahmawati. 2024. “Analisis SWOT Memanajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak di MTs Al-Mujahidin Samarinda”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pembimbing I Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Rhendica, M.Pd.
Masalah utama penelitian ini bahwa di MTs Al-Mujahidin Samarinda pembinaan akhlak memiliki peran sentral dalam menciptakan generasi yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki integritas moral sesuai dengan nilai-nilai Islam. Namun, dalam pelaksanaannya, pembinaan akhlak sering kali menghadapi berbagai tantangan, seperti perbedaan latar belakang siswa, pengaruh lingkungan luar sekolah, dan keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui penerapan manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak di MTs Al-Mujahidin Samarinda, (ii) untuk mengetahui analisis SWOT pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak di MTs Al-Mujahidin Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penerapan pendidikan karakter melalui rangkaian proses manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (ii) Dalam pengelolaan pendidikan karakter, terdapat kekuatan (strengths) seperti dukungan kurikulum berbasis agama, komitmen guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak, dan lingkungan madrasah yang kondusif. Kelemahan (weaknesses) yang ditemukan meliputi keterbatasan sarana dan prasarana pendukung serta kurangnya pelatihan guru dalam pendidikan karakter. Peluang (opportunities) yang mendukung keberhasilan pendidikan karakter di antaranya adalah dukungan kebijakan pemerintah terhadap pendidikan karakter dan adanya kerja sama dengan orang tua serta lembaga masyarakat. Sementara itu, ancaman (threats) mencakup pengaruh negatif dari lingkungan sosial luar madrasah dan perkembangan teknologi yang tidak selalu sejalan dengan nilai-nilai karakter yang diharapkan.