View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK UMUM SYARIAH DI SAMARINDA MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2)

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MAJIID BALLO SEONG_FEBI.pdf (94.28Kb)
Date
2024-07
Author
SEONG, MAJIID BALLO
Metadata
Show full item record
Abstract
Majiid Ballo Seong, 2024. “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Penggunaan Mobile Banking Bank Umum Syariah di Samarinda Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2)”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dedy Mainata, S.E., M.Ag dan Arista Wibowo, M.Pd. Era digital telah merevolusi banyak aspek kehidupan, termasuk cara kita melakukan transaksi keuangan. Transformasi ini tampak jelas dalam evolusi perbankan, yang kini mengalami perubahan signifikan menuju digitalisasi. Dalam konteks ini, perbankan syariah tidak terkecuali dari tren tersebut. Digitalisasi dalam perbankan Islam menawarkan beberapa keuntungan, seperti memperluas jangkauan layanan, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, terdapat ketimpangan dalam hal penetrasi digital antara perbankan syariah dan perbankan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan mobile banking bank umum syariah di Samarinda menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik convenience sampling. Sampel terdiri dari 165 responden yang merupakan pengguna aplikasi mobile banking dari Bank Umum Syariah (BUS) di Kota Samarinda. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar oleh peneliti melalui WhatsApp, Instagram, dan media sosial lainnya. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel habit (kebiasaan), social influence (pengaruh sosial), facilitating conditions (kondisi pendukung), hedonic motivation (motivasi hedonis), price value (nilai harga), effort expectancy (ekspektasi usaha), dan performance expectancy (ekspektasi kinerja) berpengaruh positif signifikan terhadap niat penggunaan mobile banking bank umum syariah. Pengaruh variabel social influence dimoderasi oleh experience (pengalaman). Variabel gender (jenis kelamin) memoderasi pengaruh hedonic motivation dan effort expectancy, sementara age (usia) memoderasi pengaruh effort expectancy.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5220
Collections
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah [337]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV