Show simple item record

dc.contributor.authorSEONG, MAJIID BALLO
dc.date.accessioned2025-08-25T01:18:29Z
dc.date.available2025-08-25T01:18:29Z
dc.date.issued2024-07
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5220
dc.description.abstractMajiid Ballo Seong, 2024. “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Penggunaan Mobile Banking Bank Umum Syariah di Samarinda Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2)”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dedy Mainata, S.E., M.Ag dan Arista Wibowo, M.Pd. Era digital telah merevolusi banyak aspek kehidupan, termasuk cara kita melakukan transaksi keuangan. Transformasi ini tampak jelas dalam evolusi perbankan, yang kini mengalami perubahan signifikan menuju digitalisasi. Dalam konteks ini, perbankan syariah tidak terkecuali dari tren tersebut. Digitalisasi dalam perbankan Islam menawarkan beberapa keuntungan, seperti memperluas jangkauan layanan, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, terdapat ketimpangan dalam hal penetrasi digital antara perbankan syariah dan perbankan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan mobile banking bank umum syariah di Samarinda menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik convenience sampling. Sampel terdiri dari 165 responden yang merupakan pengguna aplikasi mobile banking dari Bank Umum Syariah (BUS) di Kota Samarinda. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar oleh peneliti melalui WhatsApp, Instagram, dan media sosial lainnya. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel habit (kebiasaan), social influence (pengaruh sosial), facilitating conditions (kondisi pendukung), hedonic motivation (motivasi hedonis), price value (nilai harga), effort expectancy (ekspektasi usaha), dan performance expectancy (ekspektasi kinerja) berpengaruh positif signifikan terhadap niat penggunaan mobile banking bank umum syariah. Pengaruh variabel social influence dimoderasi oleh experience (pengalaman). Variabel gender (jenis kelamin) memoderasi pengaruh hedonic motivation dan effort expectancy, sementara age (usia) memoderasi pengaruh effort expectancy.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectNiat Penggunaan, UTAUT2, Bank Umum Syariah, Mobile Bankingen_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK UMUM SYARIAH DI SAMARINDA MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record