PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA DI MTS DARUL IHSAN SAMARINDA
Abstract
Andi Achmad Idris, 2023. “Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Pengembangan Bakat dan Minat Siswa di MTS Darul Ihsan Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penyelesaian skripsi di bawah bimbingan Wahdatun Nisa, M.A. selaku pembimbing I dan Wildan Saugi, M.Pd. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa manajemen memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler. Sementara itu, minat siswa untuk mengembangkan bakat ekstrakurikuler kaligrafi semakin berkembang pesat mengiringi kesemarakan kegiatan-kegiatan perlombaan pentas seni maupun MTQ di berbagai daerah. Hal yang menarik adalah siswa berhasil meraih juara dalam beberapa perlombaan, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTS Darul Ihsan Samarinda.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah (kesiswaan), serta guru. Sementara itu, sumber data sekunder berasal dari daftar prestasi juara kaligrafi. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi sesuai dengan visi sekolah serta perencanaan waktu, tempat, fasilitas, dan alokasi dana dalam kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi. Pengorganisasian dimulai dari rekrutmen guru ekstrakurikuler kaligrafi hingga pemberian tugas dan tanggung jawab. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dilakukan setiap Jumat mulai pukul 13.30 hingga 17.00 dan Senin malam. Guru juga selalu memberi motivasi dan reward kepada siswa, hal ini terlihat dari minat siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi. Pengawasan dilakukan guru melalui koreksi, penilaian, dan seleksi terhadap siswa yang memiliki bakat untuk mengikuti perlombaan di sekolah maupun di luar sekolah. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi meliputi peran komite sekolah dalam pengadaan sarana prasarana, luasnya ruangan latihan, serta dukungan dari seluruh warga sekolah, masyarakat, dan alumni. Faktor penghambat yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa ketika ada perlombaan di luar daerah, serta keterlambatan dana BOS sehingga masih ada beberapa siswa yang belum mendapatkan peralatan dalam kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi.