PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL FOOD & BEVERAGE DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Muhamad Miftakhudin, 2024. “Pengaruh Media Sosial Facebook terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal Food & Beverage di Kota Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Tikawati, S.E., M.Si. dan Tika Parlina, M.M.
Cara bisnis berinteraksi di bidang perdagangan telah berubah karena kemajuan teknologi media dan informasi. Salah satu kemajuan yang digunakan oleh individu dalam organisasi, perusahaan, dan bisnis adalah untuk menjalankan bisnis secara online. Hal ini dapat memberi pelanggan dan perusahaan kesempatan untuk beroperasi secara online. Sampai saat ini, salah satu platform online yang paling populer adalah Facebook. Media sosial Facebook sangat bagus untuk bisnis online, terutama untuk bisnis halal. Karena media sosial Facebook telah menjadi platform yang populer, kemungkinan besar dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen, termasuk dalam konteks produk makanan dan minuman halal. Hal ini sangat penting mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas muslim. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Facebook terhadap keputusan pembelian produk halal food & beverage di Kota Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Populasi yang digunakan berjumlah 874.405 jiwa masyarakat Samarinda. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden masyarakat Samarinda yang menggunakan media sosial Facebook. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik pengukuran menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Facebook berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk halal food & beverage. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 10,038, di mana nilai ini lebih besar dibanding t tabel sebesar 1,984 dan nilai Sig. sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Diperoleh pula nilai koefisien determinasi R square sebesar 0,507, yang artinya besarnya pengaruh media sosial Facebook (X) terhadap keputusan pembelian produk halal food & beverage (Y) sebesar 50,7%, sedangkan sisanya sebesar 49,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.