dc.description.abstract | Muhammad Ridwan, "Gaya Kepemimpinan Kepala madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademi Siswa Di MTs Al-Majahidin I Samarinda Tahun 2016-2017" dibawah Bimbingan, Dr. Khojir, M.SI selaku pembimbing I dan Siti Nor Asiah, SE.M.Pd selaku pembimbing II
Latar belakang penelitian ini adalah mengingat pentingnya bagaimana menyiapkan generasi penerus yang memiliki dedikasi menjadi seorang pemimpin. Kepernimpinan yang menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, pemimpin yang berperan menjadi contoh yang baik kepada bawahannya, profesional, cerdas, kreatif, inovatif, memiliki tanggung jawab yang besar, memiliki kepedulian yang besar, mampu memotivasi bau,ahan, memiliki top strategl, dan (POAC) untuk mencapai suatu tujuan bersama-sama. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalarn Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda. Meningkatkan dan mengantar suksesnya lembaga dalam membina peserta didik berprestasi terutama di Non Akadernik di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda. Sebagai seorang pemimpin dikatakan sebagai faktor atau aspek utama untuk mencapai sukses organisasi Ketika tujuan dapat dicapai maka pemimpin dapat dikatakan top leader.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), artitya penulis menggambarkan dan memberikan penjelasan dengan cara memberikan beberapa uraian dan penafsiran, dengan melakukan wawancara kepada Kepala Madrasah, waka Kurikulum, Guru-guru Madrasah, dan peserta Didik di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda Kalimantan Timur, Melalui teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, Kemudian data yang terkumpul dianalisa menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik siswa Di MTs Al-Mujahidin 1 samarinda. Kepemimpinan yang diterapkan Kepala Madrasah berdasarkan peranan dan pengaruhnya terhadap lembaga yang dikelolanya adalah kepemimpinan (Demokratis), yang didukung oleh kepemimpinan yang bertanggung jawab atas segala kegiatan-kegiatan yang ada disekolah, Kepalah Madrasah selalu mememberikan jalan penyelesaian dengan solusi yang diberikan disetiap adanya permasalahan yang ada di Madrasah, Kepala Madrasah yang selalu memimpin setiap rapat, Kepemimpinan selalu mengutamakan kerjasama kapada bawahannya dalam memberikan kepercayaan kepada bawahannya, Kepemimpinan yang selalu memotivasi bawahannya, Kepemimpinan yang selalu memberikan arahan atau aturan sebagai member kepada anggotanya untuk menetapkan kebijkan sehingga tercapai suatu tujuan bersama-sama. | en_US |