dc.description.abstract | ABSTRAK
Ika Rohmatin, 2017. Manajemen Layanan Perpustakaan Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Ahmad Riyadi, S.S.M.Hum, selaku pembimbing II.
Skripsi ini penulis susun berdasarkan latar belakang bahwa perpustakaan masjid harus dikelola dengan baik terutama dalam hal manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan evaluasi agar masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan kepuasan dari segi layanan maupun tempat. Namun pada kenyataannya dalam mengelola perpustakaan, muncul beberapa permasalahan. Di Masjid Baitul Muttaqien dimana penelitian ini dilakukan, salah satu bentuk permasalahan yang paling mendasar adalah mengenai keterbatasan koleksi pustaka, tenaga, staf atau pengurus yang mengelola perpustakaan yang berada di Masjid Baitul Muttaqien dengan adanya keterbatasan tersebut perpustakaan masih dapat dijalankan. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen layanan perpustakaan Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field work research), teknik analisis data dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan pengelola perpustakaan, untuk menggali pengumpulan data di lapangan, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengikuti model langkah-langkah yang digunakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan perpustakaan Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda Center sudah hampir keseluruhan kegiatan yang terdapat di perpustakaan sudah sesuai dengan teori yang digunakan, karena telah mengunakan fungsi-fungsi manajemen yakni proses perencanan meliputi menentukan tenaga pustakawan dan menyusun program kerja, proses pengorganisasian meliputi pembagian tugas kepada masing-masing unit kerja perpustakaan, proses penggerakan meliputi koordinasi antara kepala perpustakaan dan staf perpustakaan, proses pengawasan yang dilakukan oleh kepala perpustakaan kepada staf perpustakaan melalui laporan kegiatan dan pengawasan dalam bentuk tata tertib yang ada diperpustakaan, proses evaluasi meliputi laporan pada akhir periodik untuk mengetahui kekurangan serta kendala di perpustakaan Masjid Baitul Muttaqien. Manajemen layanan perpustakaan masjid dalam rangka peningkatan mutu perpustakaan masjid adalah dengan cara mengelola perpustakaan secara optimal dengan disertai langkah-langkah seperti segera memasang wifi, menambah koleksi dan segera menyediakan layanan perpustakaan seperti layanan sirkulasi, layanan refrensi dan menambah jam buka perpustakaan. | en_US |