Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru di SMAN 1 Sebulu
Abstract
ABSTRAK
Syarfina Munawarah, 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru di SMAN 1 Sebulu. Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Yahya, M.Pd dan Dr. Much. Eka Mahmud, M.Ag.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMAN 1 Sebulu. Kepala sekolah memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap terwujudnya kinerja guru yang baik. Kinerja guru memiliki peran yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan di sekolah. Kemajuan pendidikan di sekolah memiliki peran yang sangat besar terhadap penciptaan lulusan yang berkualitas. Oleh karena itu kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh dalam penciptaan generasi bangsa yang berkualitas. Jika dilihat, kepemimpinan di SMAN 1 Sebulu cukup baik. Namun, hal ini belum pernah diteliti di SMAN 1 Sebulu secara lebih mendalam. Oleh karena itu, perlu diketahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMAN 1 Sebulu.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu menggunakan metode kuisioner (angket), dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan pembagian angket kepada guru dengan populasi yang berjumlah 26 orang. Setelah data dari angket terkumpul, maka penulis menganalisa dengan menggunakan rumus product moment dan untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan rumus uji t.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMAN 1 Sebulu sangat berpengaruh. Berdasarkan nilai rxy = 0.997 yang berinterpretasi pada nilai 0.800 – 1.000 berarti sangat berpengaruh. Berdasarkan nilai uji thitung yaitu 4.898 dengan memeriksa tabel nilai t ternyata dengan df sebesar 24, pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel sebesar 2.064, maka dengan demikian terdapat korelasi positif atau signifikansi antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMAN 1 Sebulu. Sehingga hipotesis (Ha) yang menyatakan ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMAN 1 Sebulu di terima.