View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH PSIKOLOGIS, SITUASIONAL, SOSIAL, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BAITUL MAL WAT TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU SIDOGIRI SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
TESIS_YULIANTI SEPTI_PASCASARJANA ES.pdf (98.80Kb)
Date
2021-06
Author
SEPTI, YULIANTI
Metadata
Show full item record
Abstract
Yulianti Septi, 2021. “Pengaruh Psikologis, Situasional, Sosial, dan Citra Merek Terhadap Minat Menjadi Nasabah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samarinda”. Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. M. Abzar D, M.Ag dan Dr. H. Fuad Fansuri, Lc., M.Th.I. Baitul Mal wat Tamwil merupakan lembaga keuangan syariah yang bertugas melakukan kegiatan pengembangan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi. Dalam lingkup keuangan mikro, hadirnya Baitul Mal wat Tamwil menjawab tantangan masyarakat yang merupakan perwujudan pola keuangan syariah. Baitul Mal wat Tamwil dapat dikelompokkan dalam lembaga keuangan mikro karena secara keseluruhan membantu masyarakat dengan skala ekonomi menengah ke bawah yang belum dapat berkaitan dengan lembaga perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh variabel psikologis, situasional, sosial, dan citra merek sebagai variabel independen terhadap minat sebagai variabel dependen menjadi nasabah di Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samarinda baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Total populasi sebanyak 500 nasabah aktif dengan jumlah sampel 10% dari total populasi yaitu sebanyak 50 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert serta dilakukan pengujian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier berganda dengan uji hipotesis secara parsial (uji T) dan secara simultan (uji F) dengan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel psikologis (X1) dan variabel situasional (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samarinda. Sedangkan variabel sosial (X3) dan variabel citra merek (X4) berpengaruh tidak signifikan terhadap minat menjadi nasabah. Ketika variabel psikologis (X1), situasional (X2), sosial (X3), dan citra merek (X4) diuji secara simultan, terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samarinda.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5285
Collections
  • E-Thesis - Ekonomi Syariah [57]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV