Show simple item record

dc.contributor.authorSEPTI, YULIANTI
dc.date.accessioned2025-09-04T07:24:20Z
dc.date.available2025-09-04T07:24:20Z
dc.date.issued2021-06
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5285
dc.description.abstractYulianti Septi, 2021. “Pengaruh Psikologis, Situasional, Sosial, dan Citra Merek Terhadap Minat Menjadi Nasabah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samarinda”. Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. M. Abzar D, M.Ag dan Dr. H. Fuad Fansuri, Lc., M.Th.I. Baitul Mal wat Tamwil merupakan lembaga keuangan syariah yang bertugas melakukan kegiatan pengembangan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi. Dalam lingkup keuangan mikro, hadirnya Baitul Mal wat Tamwil menjawab tantangan masyarakat yang merupakan perwujudan pola keuangan syariah. Baitul Mal wat Tamwil dapat dikelompokkan dalam lembaga keuangan mikro karena secara keseluruhan membantu masyarakat dengan skala ekonomi menengah ke bawah yang belum dapat berkaitan dengan lembaga perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh variabel psikologis, situasional, sosial, dan citra merek sebagai variabel independen terhadap minat sebagai variabel dependen menjadi nasabah di Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samarinda baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Total populasi sebanyak 500 nasabah aktif dengan jumlah sampel 10% dari total populasi yaitu sebanyak 50 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert serta dilakukan pengujian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier berganda dengan uji hipotesis secara parsial (uji T) dan secara simultan (uji F) dengan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel psikologis (X1) dan variabel situasional (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samarinda. Sedangkan variabel sosial (X3) dan variabel citra merek (X4) berpengaruh tidak signifikan terhadap minat menjadi nasabah. Ketika variabel psikologis (X1), situasional (X2), sosial (X3), dan citra merek (X4) diuji secara simultan, terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPsikologis, Situasional, Sosial, Citra Merek, Minat Nasabah, BMT.en_US
dc.titlePENGARUH PSIKOLOGIS, SITUASIONAL, SOSIAL, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BAITUL MAL WAT TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU SIDOGIRI SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record