PENGARUH ISLAMIC BRANDING, KUALITAS PRODUK, DAN LIFESTYLE TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK WARDAH PADA GENERASI Z DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Evi Yulinda Wardani. Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk dan Lifestyle Terhadap Minat Pembelian Produk Wardah pada Generasi Z di Kota Samarinda. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Parno, S.E., M.S.I. dan Bapak Muhammad Hasbi, S.H.I., M.E.
Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, pilihan produk syariah menjadi faktor signifikan yang dapat memengaruhi laju pertumbuhan ekonomi. Berkaitan dengan produk kosmetik, generasi yang memiliki minat beli yang tinggi akan produk kosmetik adalah generasi Z dengan persentase sebesar 86%. Wardah adalah salah satu brand kosmetik halal yang terkenal di Indonesia, kemunculannya membantu wanita di Indonesia untuk mendapatkan produk yang aman dan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Branding, kualitas produk, dan lifestyle terhadap minat pembelian produk Wardah pada generasi Z di Kota Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah generasi Z di Kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dimana setiap orang di seluruh populasi target memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan menggunakan SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Islamic Branding secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk Wardah. Sedangkan variabel kualitas produk dan lifestyle secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian. Kemudian variabel Islamic Branding, kualitas produk, dan lifestyle secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk Wardah. Variabel Islamic Branding, kualitas produk, dan lifestyle memengaruhi minat pembelian produk Wardah sebesar 70,9%.