dc.description.abstract | Faradina Kumala Putri, 2023. Penggunaan Bauran Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Penjualan Kendaraan Second di Samarinda (Studi Kasus pada UD. Rizky Abadi Motor). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Parno, S.E., M.S.I. selaku Pembimbing I dan H. Yusran, M.Ag. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan meningkatnya minat beli kendaraan sepeda motor second di Samarinda. Selain itu, terdapat masalah internal dan eksternal yang harus diatasi. Adapun masalah internalnya yakni produk, harga, promosi, dan distribusi. Kemudian faktor eksternalnya yaitu persaingan sesama bisnis, permintaan pasar, kondisi ekonomi, serta sosial budaya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi minat beli kendaraan second konsumen, yaitu berhubungan dengan Bauran Pemasaran Syariah. Bauran Pemasaran Syariah merupakan teknik yang dilakukan dalam pemasaran untuk memasarkan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis penerapan Bauran Pemasaran Syariah pada showroom UD. Rizky Abadi Motor Samarinda, serta mengetahui dan menganalisis bagaimana penggunaan Bauran Pemasaran Syariah pada showroom UD. Rizky Abadi Motor dapat meningkatkan volume penjualan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi tentang penerapan Bauran Pemasaran Syariah dalam meningkatkan penjualan kendaraan second di UD. Rizky Abadi Motor.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa UD. Rizky Abadi Motor telah menerapkan indikator Bauran Pemasaran Syariah 9P (Produk, Harga, Tempat, Manusia, Promosi, Proses, Bukti Fisik, Janji, Sabar) dengan cukup baik. Penerapan Bauran Pemasaran Syariah 9P tersebut di UD. Rizky Abadi Motor telah membawa dampak yang cukup baik sehingga memberikan nilai positif terhadap volume peningkatan penjualan showroom UD. Rizky Abadi Motor. | en_US |