Minat Belajar Siswa Terhadap Materi Keaswajaan Di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Lailati Al Qodriyah, 2017. “Minat Belajar Siswa Terhadap Materi Keaswajaan Di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dilakukan dibawah bimbingan bapak Drs. Darwis, M.SIselaku pembimbing I dan ibu Siti Julaiha, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap materi Keaswajaan di MA Al-Mujahidin Samarinda. Sebagai sebuah mata pelajaran (muatan lokal) yang hanya ada dalam lembaga pendidikan tertentu, hendaknya dapat memberikan lebih nilai positif di madrasah ini khususnya. Karena tidak semua sekolah/madrasah menjadikan Keaswajaan sebagai mata pelajaran (muatan lokal). Setidaknya siswa memahami apa itu Nahdlatul Ulama dan bagaimana kaitannya dengan pendidikan Keaswajaan. Namun yang terlihat justru siswa kurang berminat dengan materi pelajaran tersebut.
Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dokumentasi dan tes soal. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik product moment untuk mencari korelasi antara dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui perhitungan nilai r (product moment) diperoleh hasil sebesar 0,684. Bila diinterpretasikan dengan interpretasi nilai r, maka nilai r dikategorikan pada rentang nilai antara 0.40 – 0.70 yakni kategori korelasi yang sedang / cukup berminat. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa terhadap materi keaswajaan adalah cukup berminat.
Berdasarkan hasil perhitungan dan uji hipotesis yang dilakukan, maka diperoleh nilai akhir yaitu t = 4.673 . Pada taraf signifikansi 5% dengan menggunakan rumus db = N-2, menjadi 26-2 = 24 sehingga didapati t_tab = 1,711. Maka t_hitdiperoleh 4.673 dan t_tab1,711 dengan kata lain t_hit lebih besar dari pada t_tab (4.673 > 1,711) yang artinya hipotesis yang diajukan diterima, H_aditerima sedangkan H_o ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa terhadap materi keaswajaan di madrasah ini adalah cukup berminat.