View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SULLAMUL HIDAYAH ANTASARI SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_NAUMI SYAHARA RANGGA GOROGUTA_FTIK.pdf (328.5Kb)
Date
2023-06
Author
GOROGUTA, NAUMI SYAHARA RANGGA
Metadata
Show full item record
Abstract
Naumi Syahara Rangga Goroguta, 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd dan Lely Salmitha, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA dan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada hasil belajar IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan yakni masih terdapat siswa yang memiliki hasil belajar IPA yang belum tuntas atau tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), walaupun guru dalam proses pembelajaran telah menerapkan beberapa model pembelajaran kooperatif dan metode yang menarik. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang memiliki kelebihan, yaitu membantu siswa untuk menguasai dan memiliki pemahaman yang mendalam di setiap pokok bahasan yang diberikan oleh guru serta melibatkan partisipasi aktif siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experiment dan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini yakni kelas V Salman Al-Farizi sebagai kelas eksperimen dan kelas V Hamzah bin Abdul Muthalib sebagai kelas kontrol. Variabel bebas adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji besar efektivitas menggunakan uji n-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Besar efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda tergolong sedang, dengan hasil perhitungan N-Gain skor kelas eksperimen yakni 0,60.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5372
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [273]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV