EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SULLAMUL HIDAYAH ANTASARI SAMARINDA
Abstract
Naumi Syahara Rangga Goroguta, 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd dan Lely Salmitha, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA dan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada hasil belajar IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan yakni masih terdapat siswa yang memiliki hasil belajar IPA yang belum tuntas atau tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), walaupun guru dalam proses pembelajaran telah menerapkan beberapa model pembelajaran kooperatif dan metode yang menarik. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang memiliki kelebihan, yaitu membantu siswa untuk menguasai dan memiliki pemahaman yang mendalam di setiap pokok bahasan yang diberikan oleh guru serta melibatkan partisipasi aktif siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experiment dan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini yakni kelas V Salman Al-Farizi sebagai kelas eksperimen dan kelas V Hamzah bin Abdul Muthalib sebagai kelas kontrol. Variabel bebas adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji besar efektivitas menggunakan uji n-gain score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Besar efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda tergolong sedang, dengan hasil perhitungan N-Gain skor kelas eksperimen yakni 0,60.