View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULLAMUL HIDAYAH ANTASARI SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_KURNIA RABIATUL HAYAT_FTIK.pdf (104.2Kb)
Date
2023-06
Author
HAYAT, KURNIA RABIATUL
Metadata
Show full item record
Abstract
Kurnia Rabiatul Hayat, 2023. “Peran Guru Kelas dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag. sebagai pembimbing I dan Saipul Hadi, M.Pd.I. sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru kelas yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa madrasah ibtidaiyah. Guru kelas memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan etika, membimbing siswa dalam menghadapi berbagai situasi sosial, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk sukses dalam kehidupan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru kelas dalam membentuk karakter siswa, untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat guru kelas dalam proses pembentukan karakter siswa, dan untuk mengetahui langkah yang dapat dilakukan guru kelas untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam proses pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan melalui tiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahan datanya dengan melakukan cek kredibilitas melalui triangulasi teknik. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahan data, maka data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Antasari Samarinda, meliputi beberapa kegiatan seperti membina karakter budi pekerti siswa, membina kepribadian siswa, dan membina kedisiplinan siswa. Dengan nilai pendidikan karakter yang dibentuk yaitu nilai religius, nilai disiplin, dan nilai bertanggung jawab. Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah lingkungan sekolah yang mendukung seperti semua warga sekolah melakukan hal yang sama dan diikuti oleh kesadaran dalam diri siswa itu sendiri. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan orang tua di luar sekolah, lingkungan tempat tinggal atau tempat bermain siswa, dan kurangnya kesadaran siswa terhadap apa yang mereka lakukan. Maka, langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan mengkomunikasikan mengenai pentingnya dukungan orang tua dalam proses pembentukan karakter dan bagi siswa dengan diberikan lembar yang berisi kolom tentang kebaikan yang telah mereka lakukan sebagai pengingat diri mereka.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5378
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [273]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV