dc.description.abstract | Hosnita Tika Rahayu, 2023. “Analisis Strategi Pemasaran Produk dalam Menarik Minat Nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Pelita Kota Samarinda”. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Parno, S.E., M.Si. sebagai pembimbing I dan Angrum Pratiwi, M.E.I. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan terhadap suatu produk dan jasa agar dapat mencapai target pemasaran maka diperlukan strategi yang mengikuti perkembangan zaman. Realitanya masih belum banyak diketahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan oleh kebanyakan cabang Pegadaian Syariah sudah atau belum mengikuti perkembangan zaman. Oleh sebab itu diperlukan strategi pemasaran dalam bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis strategi yang digunakan PT. Pegadaian Syariah Cabang Pelita Kota Samarinda dalam menarik minat nasabah dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan dapat menarik minat nasabah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan selama di lapangan penelitian berupa observasi, wawancara singkat dengan kepala cabang Pegadaian Syariah Pelita Kota Samarinda, karyawan Pegadaian Syariah Cabang Pelita Kota Samarinda, dan nasabah, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data dari arsip cabang Pegadaian Syariah. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pegadaian Syariah Cabang Pelita Kota Samarinda dalam menarik minat nasabah menerapkan strategi pemasaran Segmenting, Targeting, dan Positioning. Segmentasi geografis dalam pemasarannya berada di perkotaan, segmentasi demografis meliputi usia produktif, pengusaha, anak-anak SMA, dan mahasiswa. Kemudian segmentasi psikografis yaitu kalangan menengah ke atas maupun menengah ke bawah, berdasarkan segmentasi perilaku dalam pemanfaatan produk Rahn ketika anak-anak masuk sekolah dan lebaran. Targeting berdasarkan ukuran dan pertumbuhan mengarah ke anak-anak, mahasiswa, dan karyawan swasta. Positioning berdasarkan produk, produk yang ditawarkan sangat lengkap dari Rahn, Non-Rahn dan jasa. Kemudian dari segi pelayanan, Pegadaian Syariah Cabang Pelita Kota Samarinda menerapkan sesuai dengan SOP yang telah dibuat. Dari segi personil, Pegadaian Syariah Cabang Pelita Kota Samarinda menerima karyawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan serta karyawan yang dapat dipercaya dan konsisten dalam pekerjaan. Minat pada Pegadaian Syariah Cabang Pelita Kota Samarinda dalam minat transaksional, menawarkan produk dengan metode up selling dan cross selling dimana dalam menarik minat dengan menawarkan produk utama dan produk tambahan. | en_US |