dc.description.abstract | Reza Ramadhan, 2022. “Perilaku Konsumen dalam Pembelian Baju Thrift di Kota Samarinda Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Toko Baju Diarysecondstuff)”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Jurusan Ekonomi Syariah (ES), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M.Ag. dan Irma Yuliani, S.E., M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya konsumen yang mencintai produk thrift (bekas) sehingga membuat nilai jual dari baju thrift ini sangat laku di Samarinda. Sebenarnya permasalahan yang diketahui bahwa baju thrift ini adalah baju bekas yang sudah pernah digunakan, dan terkadang juga kualitasnya kurang bagus atau cacat seperti kancing dari baju thrift ada yang hilang dan juga pakaiannya ada sedikit yang sobek. Akan tetapi tetap saja produk baju thrift ini mendapatkan nilai tinggi untuk semua kalangan yang ada di Kota Samarinda. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dalam pembelian baju thrift di toko Diarysecondstuff Kota Samarinda dan untuk mengetahui perspektif Ekonomi Islam terhadap perilaku konsumen dalam pembelian baju thrift di toko Diarysecondstuff Kota Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan didukung oleh sumber data primer dan data sekunder. Lalu menggunakan populasi dan sampel, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan berupa accidental sampling. Kemudian teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam pembelian baju thrift di toko Diarysecondstuff ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor kebudayaan yang muncul dari nilai kepercayaan dan kebiasaan konsumen, faktor sosial yakni konsumen akan cenderung meniru suatu perilaku atau gaya hidup yang dimiliki oleh orang terdekat mereka, faktor pribadi yang mempunyai nilai guna bagi konsumen karena melihat kondisi ekonomi para konsumen dari harganya yang murah dan terjangkau, serta faktor psikologis yang menyebabkan konsumen membeli karena merasa puas dengan pakaian tersebut. Perspektif Ekonomi Islam terhadap perilaku konsumen dalam pembelian baju thrift di toko Diarysecondstuff adalah bahwa konsumen berbelanja telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka tanpa berlebih-lebihan; konsumen memperhatikan yang baik menurut akal sehingga dapat mewujudkan kebaikan atau menghindarkan keburukan bagi manusia; konsumen tampil lebih percaya diri; serta etika konsumsi Islam bahwa dalam kegiatan konsumsi Islam konsumen ingin berhemat dan sesuai kebutuhannya, namun ada juga konsumen yang hanya mengikuti temannya untuk berbelanja tanpa mengikuti etika konsumsi Islam. | en_US |