IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAMIC CENTER SAMARINDA
Abstract
Selvia Anggraini, 2023. Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag. selaku pembimbing I dan Saipul Hadi, M.Pd.I. selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi pendidikan karakter atau biasa juga disebut dengan pendidikan moral dan etika yang merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian yang baik pada anak. Karakter yang baik melibatkan nilai-nilai etika, moral, sosial, dan spiritual yang menjadi dasar dalam berperilaku positif dan menghadapi tantangan hidup. Salah satu mata pelajaran yang menjadi wadah untuk mengimplementasikan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar adalah mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda.
Penelitian ini dilakukan di SD Islamic Center Samarinda dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahan datanya dengan pengecekan kredibilitas. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Untuk perencanaan, guru menyiapkan perangkat pembelajaran seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan prota, promes, pemetaan KD, buku guru, dan buku siswa. Dalam pelaksanaannya, guru mengimplementasikan nilai pendidikan karakter melalui pembiasaan, kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, dan menciptakan suasana kelas yang kondusif. Tahap pelaksanaan memuat kegiatan awal, inti, dan penutup, serta tahap evaluasi yang dilakukan guru secara tertulis dan tidak tertulis. Adapun faktor pendukung yaitu adanya sarana dan prasarana sekolah yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu yang kurang efisien, perbedaan karakteristik, dan perbedaan gaya belajar peserta didik. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menjaga komunikasi yang baik dengan orang tua wali murid dan meng-upgrade metode pembelajaran.