STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA'WAH WAL IRSYAD TANI AMAN
Abstract
Samsul, 2023. “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman.” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag. selaku pembimbing I dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd. selaku pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa keadaan MI DDI Tani Aman sudah disediakan pojok baca dan sudah difasilitasi oleh sekolah, namun fasilitas yang ada tidak merata. Sehingga masih ada pojok baca yang ada di sudut kelas yang belum terfasilitasi dengan lengkap. Adapun pojok baca di halaman sekolah tidak memiliki rak buku dan buku pelajaran, dan hanya tersedia pot bunga serta bunga yang ada di pojok baca halaman sekolah, sehingga hanya segelintir siswa yang membaca di pojok baca halaman sekolah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan minat baca siswa di MI DDI Tani Aman.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah kepala madrasah, wali kelas, dan siswa. Teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh yaitu strategi kepala madrasah dalam meningkatkan minat baca siswa di MI DDI Tani Aman dengan mengeluarkan SK pemberlakuan membaca dan menerapkan lima strategi untuk meningkatkan minat baca siswa, yaitu: membuat pojok baca di lingkungan madrasah dan dalam sudut kelas, membaca/mengaji 10–15 menit sebelum pembelajaran dimulai, membaca minimal satu buku yang bervariasi dalam sehari, melatih siswa kelas tingkat atas seperti kelas 4, 5, dan 6 untuk membuat majalah promosi setiap kelas, serta mengajak membaca dan belajar bersama-sama saat ada jam kosong di perpustakaan.