View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENABUNG D BANK SYARIAH INDONESIA KCP BUNG TOMO SAMARINDA SEBERANG

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_WAHYUDI_FEBI.pdf (54.25Kb)
Date
2023-03
Author
WAHYUDI, WAHYUDI
Metadata
Show full item record
Abstract
Wahyudi, 1831811143. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo Samarinda Seberang. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Shafa, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Alias Candra, M.E.I sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Bank Syariah Indonesia yang merupakan jasa perbankan yang bergerak dalam melayani berdasarkan prinsip syariah dengan menyediakan berbagai produk yang juga berprinsip syariah. Dalam penggunaannya, masyarakat juga belum paham betul apa itu perbankan syariah sehingga beranggapan bahwa bank syariah itu hanyalah tanpa bunga dan riba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan lokasi terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Samarinda Seberang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KCP Samarinda Bung Tomo dengan jumlah nasabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel sebesar 100 responden dari nasabah BSI KCP Samarinda Bung Tomo. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R) dengan bantuan software SPSS 25. Berdasarkan hasil uji parsial t (parsial) diperoleh bahwa variabel religiusitas (X1) secara parsial berpengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung sebesar (2,944) > t tabel sebesar (1,985), menunjukkan nilai signifikansi pada variabel religiusitas 0,004 < 0,05 terhadap variabel minat masyarakat (Y). Pada variabel pengetahuan (X2) secara parsial berpengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung sebesar (6,874) > t tabel sebesar (1,985), menunjukkan nilai signifikansi pada variabel pengetahuan (X2) 0,000 < 0,05 terhadap variabel minat masyarakat (Y). Kemudian, variabel lokasi (X3) secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung sebesar (0,986) < t tabel (1,985), menunjukkan nilai signifikansi pada variabel lokasi 0,326 > 0,05 terhadap variabel minat masyarakat (Y). Kemudian dari hasil perhitungan uji simultan, diketahui pada tabel Anova menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel religiusitas, pengetahuan, dan lokasi secara signifikan berpengaruh terhadap variabel minat masyarakat. Jika dilihat melalui F hitung (46,783) > F tabel (2,70), dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa secara bersama-sama variabel religiusitas, pengetahuan, dan lokasi berpengaruh terhadap variabel minat masyarakat (Y).
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5431
Collections
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah [349]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV