Show simple item record

dc.contributor.authorWAHYUDI, WAHYUDI
dc.date.accessioned2025-10-06T03:12:57Z
dc.date.available2025-10-06T03:12:57Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5431
dc.description.abstractWahyudi, 1831811143. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo Samarinda Seberang. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Shafa, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Alias Candra, M.E.I sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Bank Syariah Indonesia yang merupakan jasa perbankan yang bergerak dalam melayani berdasarkan prinsip syariah dengan menyediakan berbagai produk yang juga berprinsip syariah. Dalam penggunaannya, masyarakat juga belum paham betul apa itu perbankan syariah sehingga beranggapan bahwa bank syariah itu hanyalah tanpa bunga dan riba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan lokasi terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Samarinda Seberang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KCP Samarinda Bung Tomo dengan jumlah nasabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel sebesar 100 responden dari nasabah BSI KCP Samarinda Bung Tomo. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R) dengan bantuan software SPSS 25. Berdasarkan hasil uji parsial t (parsial) diperoleh bahwa variabel religiusitas (X1) secara parsial berpengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung sebesar (2,944) > t tabel sebesar (1,985), menunjukkan nilai signifikansi pada variabel religiusitas 0,004 < 0,05 terhadap variabel minat masyarakat (Y). Pada variabel pengetahuan (X2) secara parsial berpengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung sebesar (6,874) > t tabel sebesar (1,985), menunjukkan nilai signifikansi pada variabel pengetahuan (X2) 0,000 < 0,05 terhadap variabel minat masyarakat (Y). Kemudian, variabel lokasi (X3) secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung sebesar (0,986) < t tabel (1,985), menunjukkan nilai signifikansi pada variabel lokasi 0,326 > 0,05 terhadap variabel minat masyarakat (Y). Kemudian dari hasil perhitungan uji simultan, diketahui pada tabel Anova menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel religiusitas, pengetahuan, dan lokasi secara signifikan berpengaruh terhadap variabel minat masyarakat. Jika dilihat melalui F hitung (46,783) > F tabel (2,70), dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa secara bersama-sama variabel religiusitas, pengetahuan, dan lokasi berpengaruh terhadap variabel minat masyarakat (Y).en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectReligiusitas, Pengetahuan, Lokasi, Minat Masyarakat, Bank Syariah Indonesia.en_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENABUNG D BANK SYARIAH INDONESIA KCP BUNG TOMO SAMARINDA SEBERANGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record