Show simple item record

dc.contributor.authorKANARIAH, KANARIAH
dc.date.accessioned2025-10-10T00:53:10Z
dc.date.available2025-10-10T00:53:10Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5444
dc.description.abstractKanariah, 2018. “Implementasi Pendekatan MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Loa Janan Ilir”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik, M.Si. selaku pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd. sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah implementasi pendekatan MIKiR dengan pembelajaran efektif dan menarik merupakan langkah untuk meningkatkan minat siswa terhadap proses pembelajaran serta mendorong guru menjadi kreatif dan inovatif. Langkah ini sangat penting agar pembelajaran yang monoton diharapkan berubah menjadi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi pendekatan MIKiR (mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Loa Janan Ilir; dan (2) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendekatan MIKiR (mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Loa Janan Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir aktif dalam mengimplementasikan unsur-unsur pendekatan MIKiR, yaitu melakukan perencanaan melalui RPP, pelaksanaan memuat unsur pendekatan MIKiR: mengalami dengan menggunakan media visual atau praktik yang dapat diamati siswa; interaksi dengan membentuk kelompok sehingga siswa dapat berdiskusi baik dalam maupun luar kelompok; komunikasi dengan meminta siswa mempresentasikan hasil kerja di depan kelas; serta refleksi dengan menuliskan perasaan dan kesimpulan. Evaluasi dilakukan melalui LKPD yang juga merujuk pada hasil refleksi. Adapun faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendekatan MIKiR pada mata pelajaran IPA kelas V MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir, yaitu faktor penghambat berupa kurangnya bahan ajar dan sarana prasarana yang digunakan oleh guru. Sedangkan faktor pendukung yakni guru antusias dalam meningkatkan kompetensinya serta mampu menyiasati keterbatasan sarana prasarana, dan siswa antusias dalam belajar sehingga pengimplementasian MIKiR pada mata pelajaran IPA kelas V mewujudkan pembelajaran yang aktif.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPendekatan MIKiR, Ilmu Pengetahuan Alam, pembelajaran aktif, Madrasah Ibtidaiyah.en_US
dc.titleIMPLEMENTASI PENDEKATAN MIKiR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI DAN REFLEKSI) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD TANI AMAN LOA JANAN ILIRen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record