PERAN TENAGA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI MADRASAH TSANAWIYAH LABBAIKA SAMARINDA
Abstract
Suryani, 2023. “Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda.” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, M.Pd. sebagai pembimbing I, dan Bapak Misbahul Fuad, M.Pd.I. sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah mengingat begitu pentingnya pelayanan dari tenaga administrasi dalam membantu, mengarahkan, dan mengelola kegiatan-kegiatan di madrasah. Dengan adanya peran tenaga administrasi ini dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan. Peran tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu pelayanan dimulai dari memberikan layanan bantu maupun layanan sesuai tugas pokoknya. Tenaga administrasi pun saling bekerja sama satu sama lain dalam memenuhi kebutuhan guru, siswa, maupun wali murid. Tenaga administrasi bukan hanya memberikan layanan, melainkan juga menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh guru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui peran tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu pelayanan di MTs Labbaika Samarinda, dan 2) untuk mengetahui kendala serta upaya yang dilakukan tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu pelayanan di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan atau narasumber dari penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala bidang tata usaha, staf tata usaha lainnya, dua orang guru, tiga orang siswa, serta satu orang wali murid. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat dilihat bahwa: 1) peran tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu pelayanan di MTs Labbaika Samarinda bersifat dinamis, yaitu bekerja dengan penuh semangat sehingga cepat bergerak, mudah menyesuaikan diri dengan situasi atau keadaan, dan sudah menjalankan tupoksinya seperti urusan administrasi kesiswaan, administrasi keuangan, administrasi kepegawaian, administrasi surat-menyurat, dan administrasi kearsipan. Selain itu, tenaga administrasi memberikan layanan bantu kepada guru, siswa, maupun wali murid (seperti pengecekan CCTV dan pemanggilan siswa melalui sound system). Implementasi layanan bantu ini merupakan ciri khas bagi Labbaika School sebagai pembeda dari sekolah-sekolah lain. 2) Kendala yang dialami oleh tenaga administrasi biasanya terdapat pada bagian pendataan pembayaran SPP siswa, karena masih ada beberapa siswa maupun wali murid yang tidak menyetorkan bukti pembayarannya ke ruang tata usaha. Namun, terkait kendala tersebut dapat diselesaikan oleh tenaga administrasi secara langsung maupun bekerja sama dengan wali kelas, wakil kepala bidang kesiswaan, serta wali murid agar kendala tersebut bisa diselesaikan secara cepat dan tepat.